Apa itu teknik sipil?

Apa itu teknik sipil? –  Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan. Artinya, seorang lulusan teknik sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek).

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya. Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan berpikir logis
  • Kemampuan membuat analisis
  • Kemampuan mendesain
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan melakukan perencanaan
  • Pemahaman matematika dan fisika
  • Pemahaman gambar 2D dan 3D

Baca juga Kenapa Harus Memilih Jurusan Manajemen Sumber Daya Perikanan?

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Sipil?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Sipil.

  1. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil sangat luas terutama di negara sedang berkembang seperti Indonesia yang sedang melakukan pengembangan infrastruktur.
  2. Sarjana Teknik Sipil juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan.
  3. Perusahaan juga membutuhkan lulusan Teknik Sipil untuk melakukan rekayasa bangunan.
  4. Lulusan Teknik Sipil juga bisa lho menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) maupun perusahaan pengembang (developer)
  5. Salah satu nilai tambah bagi lulusan Teknik Sipil ialah mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Karena tangan-tangan dingin Sarjana Teknik Sipil turut ambil bagian dalam pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan hingga bandara.

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat cerah mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontaktor. Selain itu, lulusan Teknik Sipil bisa kerja apa lagi? Perlu kamu ketahui, bahwa lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja sebagai konsultan atau di sektor perbankan yang bertugas untuk mengaudit pengajuan kredit konstruksi. Dewasa ini, lulusan Teknik Sipil yang memiliki ketertarikan di bidang hukum mulai banyak yang menjadi Pengacara Hak Paten dan bertugas menilai apakah suatu hal baru dan inovatif layak diberi hak paten.

Setiap jenis pekerjaan di seluruh bidang ini menawarkan jenjang karier yang menjanjikan. Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya rata-rata gaji awal lulusan Teknik Sipil berada pada kisaran Rp5.000.000. Besaran ini sangat bergantung pada area tempat bekerja, jabatan saat diterima, serta pengalaman yang kamu miliki. 

  1. Pegawai Bank (Account Officer)
  2. Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate
  3. Konsultan Properti
  4. Sales Perusahaan Konstruksi
  5. Surveyor Tanah
  6. Dosen

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.