Kenapa Harus Memilih Jurusan Manajemen Sumber Daya Perikanan?

Kenapa Harus Memilih Jurusan Manajemen Sumber Daya Perikanan?

Sep 6, 2022 by admin

Kenapa Harus Memilih Jurusan Manajemen Sumber Daya Perikanan? – Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan mempelajari tentang kegiatan atau proses perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan juga pengelolaan sumber daya perairan. Proses tersebut meliputi pemetaan dan pemantauan sumber daya, pembudidayaan, eksploitasi produksi hingga pemasaran sumber daya perairan.

Dengan kata lain, mahasiswa akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan sumber daya perairan. Misalnya seperti laut, lingkungan sekitarnya, hukum-hukum yang berkaitan, dan juga sosial masyarakatnya. Dari segi ekonomi, jurusan ini akan mempelajari tentang manajemen strategi tentang bagaimana cara memasarkan sumber daya perairan tersebut.

Di jurusan ini, kamu juga akan mendapatkan materi seputar ragam dan fisiologi dari hewan air, penyakit berbagai hewan air, hingga cara penangkapan hewan air yang baik dan benar. Dengan begitu, masalah perairan dan manajemennya bisa kamu kuasai secara optimal.

Jurusan ini cukup diminati karena prospek kerjanya yang beragam. Hal ini tidak terlepas dari wilayah perairan di Indonesia yang memang sangat luas sehingga perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Lulusan dari jurusan ini juga diharapkan mempunyai kompetensi dalam penguasaan, penerapan keilmuan, manajemen maupun kewirausahaan dalam bidang perikanan.

Baca juga Ilmu Komunikasi

Pengetahuan dan Keahlian

  • Pengetahuan tentang sumber daya perairan
  • Pengetahuan tentang bidang perikanan
  • Pengetahuan tentang lingkungan
  • Kemampuan organisasi dan manajemen
  • Kemampuan wirausaha

Keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Manajemen Sumber Daya Perikanan.

  1. Wilayah perairan di Indonesia sangat luas. Mengambil jurusan ini artinya memiliki peluang untuk punya peran yang besar di bidang perairan, terutama dalam hal mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.
  2. Jika dibandingkan dengan jurusan lain di rumpun sains dan teknologi, jurusan ini bisa dikatakan belum terlalu populer. Dengan kondisi seperti ini, artinya peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih cepat karena sedikitnya saingan.
  3. Prospek kerja yang menjanjikan termasuk menjadi CPNS serta berpeluang mendapatkan penghasilan yang besar.
  4. Memiliki keahlian yang spesifik sehingga akan lebih mudah dan fokus dalam menata masa depan sesuai bidang studi yang diambil.

Prospek Kerja

Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Lulusannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta maupun BUMN, seperti perusahaan konsultan kelautan, perusahaan pangan ikan, perusahaan budidaya laut dan sebagainya. Tidak hanya itu, lowongan untuk menjadi CPNS pun terbuka lebar. Beberapa instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan jurusan ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan Daerah, Bappenas, Balai Penelitian, dan sebagainya.

Lulusan Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan bisa bekerja sebagai ahli konservasi tanah dan air. Ahli konservasi tanah dan air ini adalah orang yang merencanakan dan juga mengembangkan praktik terkoordinasi yang bertugas untuk mengontrol keadaan tanah dan kelangsungan air. Posisi sebagai ahli konservasi ini tersedia di lembaga pemerintah dan lembaga swasta.

Selain itu, menjadi seorang spesialis konservasi alam juga cukup besar peluangnya. Profesi yang satu ini berada pada naungan industri besar. Spesialis konservasi alam memiliki tanggung jawab untuk memelihara ekosistem di sekitar lahan industri dan turut memastikan kegiatan industri tidak berakibat merusak lingkungan, khususnya lingkungan perairan.

Lalu, ada pula pekerjaan di ranah konsultan yakni menjadi konsultan lingkungan, melalui kerja sama dengan organisasi, non-governmental organization (NGO), dan pemerintah. Konsultan lingkungan hadir untuk menyelesaikan masalah lingkungan dengan cara memberikan opini yang berkaitan dengan lingkungan. Peluang kerja lainnya adalah bergabung dengan salah satu lembaga penelitian. Biasanya lembaga penelitian membuka peluang bagi para peneliti muda untuk bergabung.

Dunia Perkuliahan

Mata kuliah yang akan dipelajari oleh jurusan ini sangat bervariasi. Sebagai salah satu jurusan yang masuk dalam rumpun sains maka mata kuliah yang akan dipelajari juga tidak bisa dipisahkan dari keilmuan tersebut. Selain itu, juga akan mempelajari lebih dalam mengenai bidang perikanan dan kelautan. Beberapa mata kuliah yang dipelajari seperti Agribisnis Perikanan, Ekonomi Perikanan, Sosiologi Perikanan, Ekologi Perairan, Iktiologi, dan lain-lain.

Dari sejumlah mata kuliah yang dipelajari, beberapa diantaranya ada mata kuliah yang memuat kegiatan praktikum. Untuk praktikumnya sendiri ada yang dilakukan di dalam laboratorium dan ada juga praktikum lapangan. Beberapa mata kuliah yang memuat kewajiban praktikum yaitu Avertebrata Air, Limnologi, Planktonologi, Mikrobiologi Akuatik, Kualitas Air, Pencemaran dan Pengelolaan Limbah, Konservasi Sumber Daya Hayati Perairan, dan masih banyak lagi.

Untuk praktikum Konservasi Sumber Daya Hayati dan Praktikum Pengelolaan Limbah biasanya mahasiswa akan langsung berkunjung ke lokasi konservasi dan pengelolaan limbah. Tujuannya untuk melihat secara langsung metode yang digunakan serta melakukan beberapa kegiatan pengumpulan data yang disesuaikan dengan panduan praktikum. Oh ya, beberapa kampus yang menyediakan Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan juga menyelenggarakan praktikum renang. Praktikum renang biasanya ada di semester 1.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.