jurusan kuliah

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Berdiri pada tanggal 15 Februari 1961, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. Pendiri universitas ini adalah almarhum Prof. Dr. Moestopo, seorang dokter gigi terkemuka dan ahli kedokteran gigi yang juga dianugerahi negara sebagai salah satu pahlawan nasional.

Mulai tahun 1961 Prof. Moestopo mendirikan “Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi Dr. Moestopo”, yang akhirnya menjadi Fakultas Kedokteran Gigi Prof. Dr. Moestopo. Fakultas ini merupakan cikal bakal Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Bersama istrinya, RA Soepartin, Prof. Moestopo mendirikan Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo pada tahun 1962. Untuk selanjutnya, Prof. Moestopo sendiri dikenal luas sebagai “Bapak Kedokteran Gigi Indonesia” karena kontribusinya yang besar terhadap ilmu kedokteran gigi yang telah menginspirasi berbagai sekolah kedokteran gigi di Indonesia.

Kata “Beragama” yang secara harfiah berarti religius, memiliki makna yang mendalam, yang merupakan manifestasi dari iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan prinsip ideologi negara Indonesia Pancasila. Hal ini juga merupakan wujud dari prinsip universitas dalam membangun hubungan yang harmonis antara pemeluk semua agama dan orang-orang yang terlibat dengan universitas ini.

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) – UPDM (B) juga merupakan perguruan tinggi swasta dan dibangun berdasarkan keahlian dan profesionalisme tanpa kehilangan jati diri. Karakter ini lahir dari gagasan mulia mendiang Prof. Dr. Moestopo, pendiri UPDM (B). Oleh karena itu, UPDM (B) juga berkomitmen untuk mengembangkan mahasiswa dan alumninya menjadi profesional di bidangnya disertai dengan keterampilan yang mengagumkan dan kompetitif, karakter yang baik, dan pandangan yang visioner untuk karir masa depan mereka.

Baca juga Jurusan Ilmu Pemerintahan

Fakultas dan Jurusan

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( Administrasi Publik, Hubungan Internasional )
  2. Fakultas Ilmu Komunikasi ( Ilmu Komunikasi )
  3. Fakultas Kedokteran Gigi ( Ilmu Kedokteran Gigi, Dokter Gigi )
  4. Fakultas Ekonomi ( Manajemen, Akuntansi )

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Deskripsi Jurusan

Ilmu Pemerintahan merupakan bidang yang mengkaji berbagai permasalahan organisasi, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi maupun badan publik yang bertugas melaksanakan kekuasaan negara sebagaimana tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Selama kuliah kamu juga akan dibekali sama keterampilan komunikasi dan negosiasi. Jurusan ini sangat cocok untuk yang tertarik untuk terjun ke dunia politik dan pemerintahan.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan negosiasi
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir logis
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan problem solving

Baca juga Pendidikan Jurusan Dokter

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Ilmu Pemerintahan.

  1. Lulusan Ilmu Pemerintahan umumnya memiliki wawasan yang luas, peka dengan isu-isu pemerintahan maupun politik. Cocok sama kamu yang ingin terjun ke dunia media dan menjadi jurnalis.
  2. Orang-orang yang memahami ilmu pemerintahan sangat dibutuhkan untuk mewarnai dinamika pemerintahan yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.
  3. Lulusan ilmu pemerintahan juga bisa terjun ke dunia politik, misalnya dengan menjadi anggota partai politik atau menjadi anggota legislatif.
  4. Ketika kuliah kamu sudah dibiasakan untuk dilatih menganalisis suatu kebijakan, nah bekal ini sangat bermanfaat untukmu ketika menjadi seorang konsultan pemerintahan. Kamu dapat membantu pemerintah dalam menyusun maupun mengevaluasi suatu kebijakan publik.
  5. Kamu juga bisa lho jadi aktivis organisasi masyarakat karena semasa kuliah sudah dibekali kemampuan dan pengetahuan terkait cara menjadikan masyarakat yang ideal dengan kebijakan yang efektif.

Prospek Kerja

Ilmu Pemerintahan tidak cuma bisa kerja di instansi pemerintahan aja. Mulai dari dunia politik, industri media, sektor pendidikan, juga lainnya membutuhkan lulusan Ilmu Pemerintahan. Bahkan kamu juga bisa masuk ke perusahaan-perusahaan membutuhkan berbagai disiplin itu, atau mengikuti program management trainee. Gaji yang ditawarkan pun sangat kompetitif, dengan mempertimbangkan aspek kemampuan, pengalaman, area bekerja, juga jabatan. Nah, kalau masih bingung, berikut ini ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Politisi

Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah)

Pegawai Bank (Account Officer)

Diplomat

Public Relations (Humas)

Jurnalis (Reporter)

Dosen

Chocolatier

System Analyst

Arsiparis

Dunia Perkuliahan

Umumnya, kamu akan ditempa selama 4 tahun atau 8 semester apabila melanjutkan studi di jurusan Ilmu Pemerintahan. Kalian akan belajar bagaimana pemerintah memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat akan jasa dan pelayanan publik di suatu negara. Selain itu, dibahas pula bagaimana lembaga publik melaksanakan tugas dan fungsinya guna mencapai tujuan penyelenggaraan negara. Objek dan subjek kajian di Ilmu Pemerintahan ini meliputi lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, serta lembaga-lembaga lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui misalnya Pelayanan Sektor Publik, Politik Keuangan Daerah, Analisis dan Teknik Negosiasi, Tata Kelola Pemerintahan, Komunikasi Pemerintahan, Perilaku Pemerintahan, Teknik Analisis Kebijakan, Masyarakat Sipil dan Demokrasi, Pemerintahan Daerah, Polling dan Opini Publik, Studi Legislasi, Manajemen Program Pembangunan, Kebijakan Publik, Pemilu dan Partai Politik, Politik Desentralisasi, Manajemen Konflik, dan lain sebagainya. Nah, kalau sudah lulus, kalian akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan. Selain itu, untuk melanjutkan ke jenjang pascasarjana ada beberapa peminatan yang ditawarkan di berbagai kampus bergengsi. 

Cara Mendapatkan Beasiswa Di Jepang

Cara Mendapatkan Beasiswa Di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi incaran banyak siswa untuk kuliah di luar negeri . Selain terkenal dengan kecanggihan teknologi dan perilaku masyarakatnya yang disiplin, Jepang juga memiliki sistem pendidikan yang lumayan cukup baik. Tak heran, banyak siswa yang banyak mencari info bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di jepang.

Jepang juga memiliki banyak universitas terkemuka dengan kualitas pendidikan bertaraf internasional. Para lulusan asal Jepang terkenal dengan kemampuannya untuk bersaing secara global. Untuk menjadi bagian dari universitas di Jepang, berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah di jepang yang perlu kamu tahu.

Program Beasiswa Di Jepang

Beasiswa dari pemerintah Jepang ini menawarkan beberapa program sesuai dengan jenjang kuliah, antara lain:

  • College of Technology (Jenjang D3)

Program ini memfasilitasi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan studi di Jepang selama tiga tahun. 

Bagi Anda yang berminat dengan bidang teknik dan sekolah yang fokus pada praktik dan eksperimen, Anda dapat mempersiapkan diri untuk mendaftar program ini.

  • Specialized Training College (Jenjang D2)

Program Specialized Training College juga dibuka bagi para lulusan SMA/sederajat.

Program ini memberikan pelatihan khusus pada bidang tertentu selama dua tahun agar lulusannya dapat bersaing di berbagai bidang industri.

  • Undergraduate (Jenjang S1)

Program yang diperuntukkan untuk lulusan SMA/sederajat yang terakhir adalah program S1.

Program ini lebih berfokus pada teori dan ditawarkan di banyak bidang dan universitas di Jepang.

  • Research Student (Jenjang S2 dan S3)

Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang S2 dan S3, kalian bisa mendaftar program research student melalui dua jalur, yaitu jalur pendaftaran dapat melalui skema university to university (U to U) atau jalur rekomendasi kedutaan Besar Jepang (G to G) yang seleksinya dilaksanakan serempak.

 

Cakupan Beasiswa Di Jepang

 

1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan) 

 

2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan 

 

3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang 

 

4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar 

 

5. Tanpa ikatan dinas

Jurusan Pendidikan Dokter

Apa itu teknik sipil?

Deskripsi Jurusan

 

Ini nih, salah satu Jurusan favorit banyak calon mahasiswa. Meski dikenal dengan perkuliahan yang padat dan ditempuh dengan waktu yang cukup lama, Jurusan Pendidikan Dokter nggak pernah sepi peminat. Saat berkuliah di Pendidikan Dokter kamu akan mempelajari cara mendiagnosis penyakit yang dialami pasien kemudian mengobati dan mencegah timbulnya kembali penyakit itu. Selama kuliah kamu banyak belajar anatomi tubuh manusia, biologi sel dan molekuler, genetika, biokimia, juga farmakologi. Kamu juga dibekali dengan latihan keterampilan dalam skill lab. Nah setelah fase perkuliahan pre-klinik, kamu bakalan dapat pelatihan dasar di berbagai stase di Rumah Sakit. Setelah itu, baru deh diputuskan mau langsung ambil program spesialisasi atau bekerja pada institusi kesehatan.

Baca juga Apa itu teknik sipil?

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan melakukan observasi
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir kritis dan terstruktur
  • Kemampuan problem solving
  • Keterampilan komunikasi
  • Detil, Teliti, Tekun

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan Dokter?

 

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Pendidikan Dokter.

  1. Soal prospek kerja jangan ditanya lagi, lulusan Pendidikan Dokter biasanya tidak sulit dapat pekerjaan. Jika sudah sah menyandang gelar Dokter, kamu bisa praktik di Rumah Sakit, puskesmas, klinik kesehatan, atau membuka praktik pribadi.
  2. Di Rumah Sakit, selain praktik kamu juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan pelayanan medis maupun non-medis.
  3. Jika ingin bekerja struktural, ada banyak instansi pemerintah yang memerlukan seorang Dokter, seperti BPOM, Basarnas, juga BNN. Kamu juga bisa lho jadi tenaga medis di TNI dan Polri.
  4. Kalau kamu menaruh minat pada dunia akademis maupun penelitian, bisa jadi seorang Dosen sekaligus Peneliti yang fokus meneliti pengobatan suatu penyakit.
  5. Setelah menjadi dokter umum nanti kamu bisa melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya dengan mengambil program spesialis maupun program magister biomedik.

 

Prospek Kerja

 

Sewaktu kecil, tentu banyak banget yang memiliki cita-cita menjadi dokter. Tapi, tahukah, jika ternyata seorang lulusan Kedokteran nggak melulu berkutat di dunia klinis lho. Ada banyak peluang kerja lain yang nggak kalah oke lho untuk seorang Dokter. Selain membuka praktik, Dokter juga bisa bekerja struktural. Misalnya di Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Narkotika Nasional, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Badan SAR Nasional, dan sebagainya. Ada juga beberapa Dokter yang memutuskan melakukan penelitian terhadap pengobatan suatu penyakit demi kemajuan bidang Ilmu Kedokteran. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

 

Teknisi Medis Gawat Darurat (Paramedis)

Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

Ahli Diet (Dietitian)

Dokter

Ahli Gizi (Nutritionist)

Teknisi Radiologi Medis

Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Teknisi Laboratorium Klinis

Teknisi Alat Kesehatan

Bagian Administrasi Rumah Sakit

Staf Ahli Informasi Medis (Rekam Medis)

Terapis Wicara

Terapis Okupasi

Ahli Akupuntur

Terapis Fisik (Fisioterapis)

Psikolog Klinis

Research And Development (RnD)

Psikiater

 

Dunia Perkuliahan

 

Kuliah di jurusan Pendidikan Dokter terbagi jadi dua fase, praklinik dan klinik. Akan tetapi, pada dasarnya akan mempelajari bagaimana caranya mendiagnosis penyakit yang dialami seorang pasien kemudian mengobati dan mencegah timbulnya kembali penyakit. Di semester awal kamu bakal dapat materi dasar Anatomi yang membahas bagian-bagian tubuh, juga Fisiologi yang menjelaskan fungsi dan mekanisme dasar organ tubuh. Tidak lupa, ada materi tentang Biologi Sel dan Molekuler, Genetika, Biokimia, Farmakologi, dan lainnya.

Saat ini, rata-rata kampus Kedokteran menggunakan sistem blok, kamu akan belajar gimana cara menangani suatu kasus (problem based learning). Kira-kira ada sekitar 21 blok yang akan kamu pelajari, setiap blok biasanya ditempuh 6-7 minggu, termasuk dengan praktikum dan ujiannya. Selain itu, kamu juga akan belajar cara melayani pasien, melakukan pemeriksaan, memberikan pengobatan, juga menjelaskan suatu keadaan kepada pasien dan keluarganya dalam skill lab. Jadi, bisa menyelesaikan semua teori di fase praklinik paling cepat 3,5 tahun.

Nah, setelah meraih gelar Sarjana Kedokteran, kamu akan memasuki fase klinik dan disebut sebagai Dokter Muda atau dikenal dengan koas (dari kata Cooperative Assistant). Kamu akan belajar dari satu stase ke stase lainnya di Rumah Sakit. Misalnya di stase mayor ada penyakit dalam, obgyn, bedah, dan anak. Kalau di stase minor antara lain mata, anestesi, rehabilitasi medik, syaraf, forensik, THT, dan lainnya. Ada juga stase Ilmu Kesehatan Masyarakat di Puskesmas. Fase klinik ini akan kamu tempuh selama 1,5 sampai 2 tahun. Selanjutnya, untuk menyandang gelar Dokter, harus menempuh Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI).

Kalau udah sah jadi Dokter, kamu harus mengikuti program internship selama 1 tahun agar bisa memperoleh Surat Ijin Praktik (SIP) dan Surat Tanda Register (STR). Setelah resmi mendapatkan surat-surat penting tersebut dapat memutuskan apakah mau ambil spesialisasi atau langsung berkarir sebagai Dokter Umum. Ada banyak kampus keren yang menawarkan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), bahkan ada juga lho yang membuka program sub spesialis seperti pendidikan dokter gigi.

 

Apa itu teknik sipil?

Apa itu teknik sipil? –  Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan. Artinya, seorang lulusan teknik sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek).

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya. Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan berpikir logis
  • Kemampuan membuat analisis
  • Kemampuan mendesain
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan melakukan perencanaan
  • Pemahaman matematika dan fisika
  • Pemahaman gambar 2D dan 3D

Baca juga Kenapa Harus Memilih Jurusan Manajemen Sumber Daya Perikanan?

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Sipil?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Sipil.

  1. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil sangat luas terutama di negara sedang berkembang seperti Indonesia yang sedang melakukan pengembangan infrastruktur.
  2. Sarjana Teknik Sipil juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan.
  3. Perusahaan juga membutuhkan lulusan Teknik Sipil untuk melakukan rekayasa bangunan.
  4. Lulusan Teknik Sipil juga bisa lho menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) maupun perusahaan pengembang (developer)
  5. Salah satu nilai tambah bagi lulusan Teknik Sipil ialah mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Karena tangan-tangan dingin Sarjana Teknik Sipil turut ambil bagian dalam pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan hingga bandara.

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat cerah mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontaktor. Selain itu, lulusan Teknik Sipil bisa kerja apa lagi? Perlu kamu ketahui, bahwa lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja sebagai konsultan atau di sektor perbankan yang bertugas untuk mengaudit pengajuan kredit konstruksi. Dewasa ini, lulusan Teknik Sipil yang memiliki ketertarikan di bidang hukum mulai banyak yang menjadi Pengacara Hak Paten dan bertugas menilai apakah suatu hal baru dan inovatif layak diberi hak paten.

Setiap jenis pekerjaan di seluruh bidang ini menawarkan jenjang karier yang menjanjikan. Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya rata-rata gaji awal lulusan Teknik Sipil berada pada kisaran Rp5.000.000. Besaran ini sangat bergantung pada area tempat bekerja, jabatan saat diterima, serta pengalaman yang kamu miliki. 

  1. Pegawai Bank (Account Officer)
  2. Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate
  3. Konsultan Properti
  4. Sales Perusahaan Konstruksi
  5. Surveyor Tanah
  6. Dosen

Jurusan Management Bisnis

Jurusan Management Bisnis

Jurusan Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis.

Program studi Manajemen Bisnis akan memberikan kamu pengetahuan seputar bisnis dan kewirausahaan. Pada awal masa perkuliahan kamu akan mendapatkan pengetahuan dasar tentang bisnis dan ilmu manajemen.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan pengetahuan praktik dan keahlian di bidang produksi, manajemen mutu, dan manajemen proyek. Disini kemampuan analisis kamu juga akan diasah terkait dengan kelayakan bisnis, kemampuan komunikasi mu juga akan ikut serta di upgrade dengan adanya ilmu Komunikasi Bisnis dan Teknik Negosiasi Bisnis dalam perkuliahan.

 Baca Juga Mahasiswa Universitas Cenderawasih Demo, Minta Perkuliahan Tatap Muka

Jika Quipperian mendalami Ilmu Manajemen maka akan belajar menjadi seorang “pengendali” layaknya tokoh Aang pada serial Avatar. Jika Aang mengendalikan elemen bumi, kamu akan mengendalikan roda perusahaan berupa kegiatan yang meliputi kebijakan manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba.

Oleh karena setiap hal memiliki tata cara pengelolaan tertentu yang perlu diperhatikan, membuat ilmu manajemen menjadi terus berkembang dan dipelajari secara lebih spesifik.

Berapa biaya kuliah di management bisnis ?

Biaya kuliah manajemen di Indonesia rata-rata berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per semester. Besarnya biaya ini bisa lebih tinggi atau lebih murah tergantung pada berbagai kondisi. Salah satu kondisi yang mempengaruhi besarnya biaya kuliah ini adalah pendapatan orang tua calon mahasiswa.

Berikut adalah macam-macam jurusan manajemen yang bisa kamu temui di Indonesia dari berbagai jenjang.

S1

  • Manajemen
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen dan Bisnis Syariah
  • Manajemen Dakwah
  • Manajemen Industri

D3

  • Manajemen Informatika
  • Manajemen Tata Boga
  • Manajemen Perpajakan
  • Manajemen Usaha Perjalanan Wisata
  • Manajemen Agribisnis
  • Manajemen Pemasaran

D4

  • Manajemen Rekayasa Konstruksi
  • Manajemen Produksi Pertanian
  • Manajemen Sumber Daya Manusia

S2 & S3

  • Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan
  • Manajemen Teknologi
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Manajemen Koperasi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Management Bisnis?

Program studi Manajemen Bisnis tersedia dalam jenjang studi Diploma III (D3), Diploma IV (D4), dan Strata I (S1), karena itu lulusannya nanti akan memeroleh gelar yang berbeda-beda. Lulusan prodi ini dipersiapkan untuk meniti karir di berbagai bidang usaha atau bisnis baik di instansi swasta maupun instansi pemerintah. Sangat banyak ragam bisnis, mulai dari bisnis yang bergerak di bidang manufaktur maupun jasa, dan tiap-tiap unit bisnis tersebut membutuhkan profesional yang memiliki keahlian manajemen. Selain itu, lulusan prodi ini juga dibekali dengan pengetahuan kewirausahaan, sehingga sangat memungkinkan lulusannya untuk menciptakan usaha atau bisnis sendiri.

Berikut beberapa pilihan karier yang tersedia untuk pemegang kualifikasi Manajemen Bisnis:

  • Posisi-posisi Manajerial
  • Analis bisnis / Business analyst
  • Business development
  • Marketing & sales executive
  • Wiraswasta / Entrepreneur
  • Pemimpin perusahaan

Beasiswa Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya memberikan 3 beasiswa terhadap mahasiswa dan mahasiswi berprestasi, berikut cara untuk mendapatkan beasiswa di Universitas Brawijaya :

Beasiswa Universitas Brawijaya

 

Beasiswa Keteladanan

Persyaratan Pendaftaran sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa regular semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN.
  3. Memiliki prestasi akademik dan prestasi non-akademik yang baik, serta pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  5. Mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan Bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah.
  6. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari pemerintah maupun Lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.
  7. Mendaftaran diri di website Tanoto Foundation.

Baca Juga  3 Daftar Universitas Terbaik Di Amerika Serikat 2022

2.  Beasiswa Pemerintah Kota Malang :

  1. Warga Kota Malang (ber e-KTP dan KK)
  2. Berasal dari keluarga miskin / kurang mampu
  3. Peserta didik memiliki prestasi akademik/non akademik atau bakat khusus (Hafidz / hafal Al Qur’an 20-30 Juz) dibuktikan dengan Piagam / Sertifikat 
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga Pemerintah, BUMN/BUMD lainnya

3. Beasiswa KIP Merdeka :

Dalam rangka menumbuh kembangkan rasa kebersamaan antara Puslapdik dan penerima KIP Kuliah Merdeka, Puslapdik akan menyelenggarakan Puslapdik Menyapa Penerima KIP Kuliah merdeka pada hari Senin, 18 Juli 2022, dimulai pukul 13.00 WIB s.d. Selesai, pada kanal youtube Puslapdik Kemendikbud RI. Diwajibkan untuk seluruh Mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah Merdeka.

 

 3 Daftar Universitas Terbaik Di Amerika Serikat 2022

Semua Universitas memang sama saja, sama – sama menjadi ladang seseorang untuk mencari ilmu. Dimanapun dan apapun jurusannya sebenarnya sama saja tergantung bagaimana kita menempatkannya, tapi siapa sih yang tidak ingin berkuliah di luar negri atau tepatnya di Amerika Serikat salah satu negara.

Untuk anda yang ingin berkuliah di Amerika Serikat tetapi bingung ingin mengambil Universitas mana, saya sudah jadikan top 3 Universitas di Amerika Serikat yaitu :

Universitas stanford

Leland Stanford Junior University, yang biasa dikenal dengan Universitas Stanford adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis dan didirikan pada tahun 1891. Sistem pendidikan maupun fasilitas disini tak perlu diragukan karena sudah pasti dijamin lengkap, bahkan Maudy Ayunda pun merupakan lulusan S2 di Stanford.

Jurursan – jurursan yang ada di universitas stanford :

  1. Bcs – Computer Science
  2. BA – English
  3. MA – Polic. Organization and Leadership studies
  4. BSC – Chemical Engineering
  5. MS – Management (Stanford MSx Program)
  6. BA – Economics
  7. Master of Liberal Arts
  8. LLM – Environmental Law & Policy
  9. LLM – Corporate Governance & Practice
  10. BSc – Architectural Design

Kisaran biaya pendidikan disini mulai dari $ 15,777 – $ 52.188 atau jika dirupiahkan dengan kurs saat ini mencapai Rp 730 juta.

2. Harvard Universitas

Universitas Harvard adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia dan universitas yang termasuk dalam universitas bergengsi di dunia karena memiliki banyak alumni yang cukup memilki pengaruh baik untuk dunia. Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Jurusan – jurusan yang tersedia di harvard yaitu :

  1. Harvard Bussines School
  2. Faculty of Arts & Sciences
  3. Continuing Education
  4. Harvard School of Dental Medicine
  5. Harvard University Graduate School of Design
  6. Harvard Divinity School
  7. Harvard Graduate School of Education
  8. Harvard John A. Paulson School of Engineering & Applied Sciences
  9. Harvard Kennedy School of Goverentment

Untuk mengenai harga kuliah di harvard kisaran harga 46,340 dollar dengan tambahan fees 4,195 dollar. Namun untuk mahasiswa dengan beasiswa, rata-rata dari mereka hanya membayar biaya pendidikan senilai 12,000 dollar per tahun.

Baca Selengkapnya : Universitas Perguruan Tinggi Hukum Terbaik di Indonesia

3. Institut Teknologi Massachusetts

Massachusetts Institute of Technology merupakan institusi riset swasta yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay di Boston, Amerika Serikat.

Jurusan – jurusan yang tersedia di Massachusetts Institute of Technology :

  1. BSc – Chemistry. Sarjana (S1)
  2. BSc – Chemical Engineering. Sarjana (S1)
  3. BSc – Architecture. Sarjana (S1)
  4. BSc – Mechanical Engineering. Sarjana (S1)
  5. BSc – Philosophy. Sarjana (S1)
  6. BSc – Mathematics. Sarjana (S1)
  7. BSc – Physics. Sarjana (S1)
  8. BSc – Engineering (Aeronautics and Astronautics) Sarjana (S1)
  9. BSc – Management Science
  10. BSc – Economics

Harga biaya kuliah di Massachusetts Institute of Technology adalah USD40.732, dan masih bisa bertambah hingga USD52.507 dalam satu tahun

UNIVERSITAS SWASTA TERMURAH DI JAWA BARAT 2022

UNIVERSITAS SWASTA TERMURAH DI JAWA BARAT 2022

UNIVERSITAS SWASTA TERMURAH DI JAWA BARAT 2022

 

Banyak sekali pilihan universitas swasta di Indonesia terutamanya di Jawa Barat – beberapa universitas bagus dan terbaik serta telah menjadi favorit bagi warga di Jawa Barat. Jika anda bingung ingin memilih universitas mana yang bagus tetapi murah, berikut ini merupakan rekomendasi yang cocok beserta bayangan biaya studinya.

 

Universitas Pasundan

Universitas Pasundan atau yang sering disebut dengan UNPAS adalah universitas terbaik yang ada di indonesia yang telah didirikan sejak 14 desember 1960. Universitas ini merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Bandung dan dibangun sejak tahun 1960 silam. 

UNPAS memiliki lima kampus yang berlokasi di Jalan Lengkong Besar 68, Jl. Tamansari No. 6-8, Jl. Wartawan IV No. 22, Jl. Dr. Setiabudhi No. 93, dan Jl. Sumatera No. 41. Universitas ini pun sudah terakreditas B oleh BAN-PT dan menjadi tempat belajar untuk lebih dari 16000 mahasiswa juga memiliki tenaga pengajar yang sangat memadai yaitu sekitar 500 dosen berkualitas yang terbagi dalam beberapa program studi.

Program studi yang ditawarkan oleh Universitas Pasundan pun cukup banyak. Beberapa diantaranya ialah ilmu komunikasi, sastra inggris, desain, film, televisi, biologi, pendidikan guru, teknik industri, akuntansi, ekonomi, dan lain sebagainya. Dengan 25 program studi, Universitas Pasundan sudah memiliki 2 perpustakaan yang sangat membantu proses belajar mahasiswa.

Perihal biaya studi, Universitas Pasundan memiliki 3 rincian biaya yang perlu anda ketahui. Ketiga rincian tersebut ialah Dana Penyelenggara Pendidikan, Dana Pembangunan, dan Dana Laboratorium.

DPP mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 14.000.000 dan DP mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 8.000.000, serta dana laboratorium mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 11.000.000. Perlu diketahui bahwa beberapa program studi tidak perlu membayar dana laboratorium dikarenakan sudah digabungkan dengan dana pembangunan.

Universitas Katolik Parahyangan

Kampus yang lebih serinjg disebut sebagai UNPAR ini sudah berdiri sejak tahun 1955. Dalam masa penerimaan mahasiswa baru, Universitas Katolik Parahyangan ini menggunakan mekanisme seleksi yang ketat dan basis ujian tulis. Tingkat kesulitan penerimaan mahasiswa baru dinilai sangat tinggi, pada tahun 2018 memiliki sebanyak 13000 pendaftar namun hanya menerima sekitar 2500 mahasiswa.

 

Berikut jurusan yang ada di Universitas Katolik Parahyangan yaitu Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi dan Sains, Fakultas Hukum.

unisba

Biaya studi di Universitas Katolik Parahyangan ini sekitar Rp 5.300.000 hingga Rp 13.500.000 per semesternya. Setiap program studi memilki rincian atau nominal biaya yang berbeda-beda. Sejauh ini, program studi dengan biaya termurah dipegang oleh program studi Ilmu Filsafat sebesar Rp 11.000.000 per semester. Namun, biaya tersebut belum termasuk uang awal masuk sebesar Rp 26.270.000.

 

Baca Juga Universitas Perguruan Tinggi Hukum Terbaik di Indonesia

 

UNISBA

Universitas Islam Bandung atau yang kerap disingkat Unisba merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan prestisius di Indonesia. Perguruan tinggi swasta ini terletak di Jalan Tamansari, Bandung Wetan, Bandung. Universitas Islam Bandung bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim lahir atas gagasan tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat. Mewujudkan mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang Islami menjadi tujuan pendidikan Universitas Islam Bandung.

 

Fakulktas yang tersedia si Unisba diantaranya yaitu : Fakultas Dakwah, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Syariah.

 

Beberapa rincian biaya di Universitas UNISBA : 

  1. IPU adalah Infak Pengembangan Universitas ( dapat dicicil selama 2 semester dengan komposisi 50% di smt-1 dan 50% di smt-2, cicilan pertama dibayarkan pada saat registrasi smt-1 ).
  2. IPF adalah Infak Pengembangan Fakultas ( dibayarkan satu kali selama menjadi mahasiswa, dibayarkan pada saat registrasi smt-1 ). Besaran penambahan IPF khusus untuk Program Studi Fakultas Kedokteran dimulai dengan kelipatan Rp. 15.000.000.
  3. IKT adalah Infak Kuliah Tetap ( dibayarkan setiap tahun dengan komposisi 50% di semester ke-1 dan 50% pada semester ke-2, IKT sudah termasuk uang praktikum, untuk semester ke-1 dibayarkan pada saat registrasi smt-1 ).
  4. ISKS adalah Infak Satuan Kredit Semester ( dibayarkan sesuai dengan pengambilan sks tiap semester, untuk semester ke-1 dibayarkan pada saat registrasi smt-1 ).
  5. IPK adalah Infak Pelayanan Kesehatan Mahasiswa (dibayarkan satu kali selama menjadi mahasiswa, dibayarkan pada saat registrasi smt-1 ).
  6. SEM-1 sudah termasuk IPF minimal dan Baitul Maal.
  7. Infak Baitul Maal minimal Rp. 50.000.
  8. Pembayaran pada saat registrasi = 50% IPU + IPF + 50% IKT + (ISKS x SKS) + IPK + Baitul Maal

Universitas Widyatama

Rekomendasi universitas swasta di Jawa Barat selanjutnya sama dengan Universitas Pasundan yaitu juga berada di Bandung. Universitas Widyatama memiliki akreditasi B. Hingga saat ini sudah berhasil meluluskan ribuan sarjana profesional dan sedang mengampu hampir 10000 mahasiswa dengan jumlah dosen 2080 orang. Kampus ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjadi orang profesional ketika lulus nanti. 

Widyatama terletak di Cikutra wilayah Bandung Timur, sebuah lokasi strategis yang mudah dijangkau sarana transportasi kota. Kampus yang terkonsentrasi dengan berbagai fasilitas belajar mengajar memungkinkan universitas menawarkan sebuah lingkungan belajar yang kondusif dan bersahabat. Selain memiliki lima fakultas, yakni: Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis & Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Desain Komunikasi Visual. Universitas Widyatama juga menyelenggarakan Program Magister Manajemen (S2) dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi/PPA. Rentang jalan panjang yang dilalui, mendorong Universitas Widyatama secara konsisten berada di garis depan bersama perguruan tinggi swasta lainnya dalam membuka kesempatan lebih besar bagi sumber daya manusia Indonesia memasuki dunia pendidikan tinggi yang berkualitas, sekaligus menempatkan diri sebagai jembatan bagi anak didik memasuki dunia kerja.

Perihal biaya di salah satu universitas swasta di Jawa Barat ini dipermudah dengan sistem angsuran. Mahasiswa bisa membayarkan angsuran selama 3 kali dengan tenggat terakhir pada masa sebelum UTS berlangsung. Rata-rata nominal angsuran yang harus dibayarkan ialah sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000. 

 

Universitas Sangga Buana YPKP

Universitas Sangga Buana YPKP adalah sebuah Universitas swasta di Kota Bandung Jawa Barat, tepatnya berlokasi di Jl. PHH Mustopa No. 68. Rektornya saat ini dijabat oleh Dr. H. Asep Effendi, SE., MSi.

Berikut ini adalah fakultas-fakultas yang ada di Universitas Sangga Buana YPKP, beserta program studinya masing-masing, baik yang jenjang S1 atau D3:

Fakultas Ekonomi, Program Studi :

  • Akuntansi (D3, S1)
  • Keuangan dan Perbankan (D3)
  • Manajemen (S1)

Fakultas Teknik :

  • Teknik Industri (S1)
  • Teknik Sipil (S1)
  • Teknik Informatika (D3, S1)
  • Teknik Mesin (S1)
  • Teknik Elektro (S1)
  • Sistem Informasi (S1)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi :

  • Ilmu Komunikasi (S1)
  • Administrasi Bisnis (S1)

Pasca Sarjana/Magister :

  • Magister Akuntansi
  • Magister Manajemen
  • Magister Teknik Sipil

Ada juga untuk biaya pendidikannya yaitu :

Program Vkoasi (D3)

Biaya kuliah sebesar Rp. 900.000 per bulan dengan Pembayaran Pertama Uang Pendaftaran: Rp. 250.000,- dan uang pangkal Rp. 1.500.000, rinciannya sebagai berikut:

  1. Uang Pangkal: Rp. 1.500.000

– Pembayaran Pertama adalah Uang Pangkal

– Uang Pangkal sudah termasuk Jaket Almamater & Propanka

– Uang Pangkal hanya dibayar sekali selama masa studi

  1. Uang Kuliah Per Semester: Rp. 5.500.000

– Uang Kuliah bisa dicicil 6 kali dalam 1 semester @Rp. 900.000

– Uang kuliah sudah termasuk DPP, Biaya Mata Kuliah 18 SKS dan Biaya Ujian (UTS dan UAS)

– Uang kuliah ini belum termasuk Biaya Praktikum

PROGRAM SARJANA (S1)

Biaya kuliah sebesar Rp. 960.000 per bulan dengan Pembayaran Pertama Uang Pendaftaran: Rp. 250.000,- dan uang pangkal Rp. 1.500.000, rinciannya sebagai berikut:

  1. Uang Pangkal: Rp. 1.500.000

– Pembayaran Pertama adalah Uang Pangkal

– Uang Pangkal sudah termasuk Jaket Almamater & Propanka

– Uang Pangkal hanya dibayar sekali selama masa studi

  1. Uang Kuliah Per Semester: Rp. 5.800.000

– Uang Kuliah bisa dicicil 6 kali dalam 1 semester Rp. 960.000

– Uang kuliah sudah termasuk DPP, Biaya Mata Kuliah 18 SKS dan Biaya Ujian (UTS dan UAS)

– Uang kuliah ini belum termasuk Biaya Praktikum

 

 

Universitas Perguruan Tinggi Hukum Terbaik di Indonesia

Universitas Perguruan Tinggi Hukum Terbaik di IndonesiaFakultas hukum merupakan salah satu fakultas yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru. Agar tidak asal pilih tidak ada salahnya jika melakukan survei terlebih dahulu perguruan tinggi mana yang memiliki jurusan hukum terbaik supaya nantinya tidak menyesal ketika sudah mendaftar. Universitas terbaik bidang hukum di Indonesia bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mendaftar ke jurusan hukum. 

Baca juga: Universitas Gadjah Mada Membangun Asrama Untuk Mahasiswa Baru

Daftar Perguruan Tinggi Hukum Terbaik di Indonesia

7 Universitas dengan jurusan Ilmu Hukum Terbaik – Kali ini saya akan memberikan inspirasi baru untuk kalian mengenai universitas dengan jurusan Hukum terbaik yang bisa kamu pertimbangkan salah satunya.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Raih Peringkat 217 Dunia, FH UNAIR Jadi Yang Terbaik di Indonesia. Fakultas Hukum Universitas Airlangga merupakan salah satu Fakultas Hukum tertua di Indonesia. Diinisiasi sejak 1951, Fakultas Hukum Universitas Airlangga berkomitmen menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum dengan mengedepankan kualitas di bidang pendidikan dan penelitian hukum. 

Universitas Indonesia (UI)

Sekolah hukum pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1909 oleh Pemerintah Hindia Belanda ini menempati posisi kedua dalam Fakultas Hukum terbaik di Indonesia, dan posisi ke 440 peringkat dunia.

Universitas Gajah Mada (UGM)

Fakultas Hukum UGM merupakan fakultas hukum pertama yang didirikan Indonesia yang telah berdaulat. Fakultas ini menempati peringkat 449 dunia dan posisi ketiga di Indonesia. Ini membuktikan bahwa Fakultas hukum di Universitas Gajah Mada ini memiliki kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial yang bagus.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro juga berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sejak tahun 2015, sekaligus saat ini Universitas Diponegoro juga berakreditasi A (sangat baik). Nama Diponegoro sendiri berasal dari pahlawan Indonesia yakni Pangeran Diponegoro, yang menjadi sosok pangeran pengobar semangat merdeka atas kolonialisme Belanda pada awal abad ke-18. Semangat tersebut pula yang menjadi salah satu inspirasi berdirinya Universitas Diponegoro.

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya yang semula bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHMP) membuktikan bahwa Fakultas Hukum di Universitas ini adalah yang tertua. Selain jadi yang tertua, Fakultas ini juga menjadi yang terbaik dibuktikan dari peringkat dimana Fakultas Hukum UB ini menempati posisi ke 472 di dunia. Seluruh program studi telah terakreditasi A dan akreditasi B untuk program Studi Doktor dan program studi Doktor kelas Jakarta. Selain itu, Program Studi Sarjana telah mendapat sertifikasi AUN QA.

Universitas Tadulako

Universitas Tadulako, atau biasa disebut Untad merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Palu, Sulawesi Selatan, Indonesia. Universitas Tadulako menduduki peringkat posisi 38 dari 100 Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurusan atau program studi ilmu hukum Universitas Tadaluko memiliki visi yaitu menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan IPTEKS ilmu hukum pada masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan dan kemaslahatan masyrakat dengan mengabdi kepada masyarakat.

Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Hasanuddin. Didirikan pada tanggal 3 Maret 1952 sebagai cabang dari Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakan Universitas Indonesia. Keberhasilan pendirian Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada waktu itu, tidak lepas dari upaya maksimal para pejuang perguruan tinggi yang tergabung dalam Badan Perguruan Tinggi di Makassar. Fakultas Hukum merupakan cikal bakal dari Universitas Hasanuddin. Fakultas ini merupakan fakultas kedua yang ada di Universitas Hasanuddin.

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Sushimotofernley – Banyaknya jurusan di setiap universitas kini tentu membuat para pelajar merasa bingung fakultas apa yang harus dipilih. Saking banyaknya, dibutuhkan persiapan yang matang dalam menentukan pilihan. Memang tidak mudah , karena memilih jurusan kuliah membutuhkan banyak pertimbangan. Mulai dari kesesuaian dengan bidang minat hingga prospek kerja setelah lulus kuliah.

Bagi kamu yang sebentar lagi akan tamat SMA dan akan mengikuti SNMPTN jurusan IPS tentunya sudah mulai bingung menentukan fakultas yang tepat untuk di ambil. Ada banyak jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan dan sangat menjanjikan. Mau tahu apa saja itu ? Berikut telah kami rangkum daftar jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS.

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Terbaik

Ilmu Sastra

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan sastra. Kalau senang belajar bahasa baru, jurusan sastra cocok jadi pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Anak sastra tidak hanya belajar bahasa Inggris saja namun juga belajar bahasa negara lain yang makin populer seperti Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.

Pilih sastra mana yang sesuai dengan minat dan dapatkan prospek kerja yang mengagumkan seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi atau biasa disingkat Ilkom akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations.

Baca juga : Jalur Seleksi Mandiri ITB 2022 : Syarat , Jadwal Dan Biaya Pendaftaran

Misalnya, di Universitas Padjadjaran, mempelajari mata kuliah Komunikasi Massa dan Media, Statistika Sosial, Kajian Media Kritis, Public Speaking, Psikologi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran Sosial, Social Network Analysis, dan masih banyak lagi.

Hubungan Internasional

Berikutnya ada Hubungan Internasional, sering disingkat HI. Program Studi ini menjanjikan dan memiliki banyak peminat dari siswa jurusan IPS. Banyak profesi yang dianggap bergengsi oleh masyarakat umum, seperti diplomat, konsultan imigrasi, jurnalis internasional, dan konsultan politik, ditekuni oleh lulusan HI. Selama belajar di Institut Hubungan Internasional, Kamu akan mempelajari materi yang tidak jauh dari hubungan internasional antar negara seperti hukum internasional, perdagangan luar negeri, dan lain sebagainya.

Ilmu Administrasi

Fakultas Ilmu Administrasi merupakan salah satu fakultas yang banyak mempelajari tata kelola administrasi secara mendalam. Baik itu dalam hal perencanaan hingga tahap pengendalian instansi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Meski banyak yang mengatakan bahwa Ilmu administrasi adalah jurusan IPS untuk wanita, namun tidak jarang pria yang mengambil fakultas jurusan ini. Selain dapat bekerja sebagai ASN di pemerintahan, Ilmu Administrasi juga dapat digunakan dalam profesi Jurnalis, Staf tata usaha, Human resources development, dll.

Ilmu Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang terakhir adalah jurusan Psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Tidak jarang mahasiswa psikolog dianggap sebagai cenayang karena bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Prospek jurusan psikologi terbuka mulai dari menjadi HRD, peneliti dan juga psikolog.