Tips Menjadi Maba

Kehidupan kampus merupakan salah satu kesempatan emas untuk memanfaatkan masa muda. Bagi kamu yang akan jadi calon mahasiswa baru, pasti banyak yang mesti disiapkan karena kehidupan di kampus tak semudah dibayangkan saat di SMA. Ada banyak hal baru yang akan ditemukan mulai dari yang berbahagia hingga yang pahit untuk dikenang. Mungkin sebelum menjadi mahasiswa, kamu berpikir cuma serunya saja kegiatan perkuliahan di kampus, tetapi sebetulnya tak selancar itu. Oleh karena itu, di sini aku akan membahas 3 hal yang mesti dikenal oleh kamu yang akan jadi calon maba.

Tips Menjadi Maba

  1. Menjalin keakraban dengan dosen demi poin

Berbeda dengan masa SMA, kuliah yang dipimpin oleh seorang dosen tak semudah yang kamu bayangkan. Karakter tiap dosen betul-betul terdifferensiasi sehingga menonjolkan seolah-olah sedang berhadapan dengan orang di dunia kerja. Kamu mesti menonjolkan respect kamu kepada siapapun dosennya ingin yang bagus atau galak. Sebab, poin kuliah berada pada kuasa dosen dan tak bisa dilobi atau diganggu gugat kecuali yang memang betul-betul urgent. Jadi, kamu mesti menjalin relasi bagus dengan dosen mulai dari komunikasi intensif sehingga dosen mengevaluasi kamu merupakan mahasiswa yang proaktif dan pantas memperoleh poin yang bagus. Terjalinnya komunikasi yang bagus akan lebih bagus ditunjang oleh keloyalan kamu dalam menolong masalah dosen di luar perkuliahan. Itu bisa betul-betul menolong dosen dalam mengumpulkan pertimbangan saat pengerjaan pengukuran di akhir semester. Baca Juga 5 Tips Kenalan Sama Kakak Tingkat di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu

  1. Mencari relasi yang bermutu

Dunia kampus merupakan daerah di mana kamu akan bertemu dengan banyak orang dari pelbagai daerah. Artinya akan banyak juga latar belakang mereka yang mungkin bermanfaat untuk kita cari tahu. Jadi, mengawali pertemanan yang sehat dengan circle yang bermanfaat akan menolong kamu untuk kebutuhan kamu di masa mendatang. Misalnya, kamu bertemu sahabat yang orangtuanya merupakan founder sebuah perusahaan konsultan bisnis. Suatu hari di saat kamu telah memasuki organisasi kemahasiswaan, lalu kamu ingin membikin program kerja besar yang membutuhkan peran seorang konsultan bisnis mengamati program kerjanya merupakan di bidang build up business. Organisasi kemahasiswaan di kampus merupakan miniatur dunia kerja yang tepat sebagai wadah bagi kamu untuk mencari relasi yang bermutu. Selagi masih sempat, cobalah untuk bergabung dengan organisasi. Sebab kamu akan bertemu orang yang lebih cerdas daripada kamu sendiri. Kamu akan bisa berkembang jika kamu bisa bersaing dan mempelajari kesanggupan sahabat yang memiliki kecerdasan lebih daripada kamu.

  1. Mencari lowongan magang

Sesudah kamu mengumpulkan banyak pengalaman melewati organisasi, kamu mengimplementasikan itu pada saat kampus memberikan penawaran untuk magang di perusahaan yang menjalin relasi dengan kampus. Tetapi, kamu tak akan sendirian, kamu pasti akan dibantu dengan bimbingan dari pihak akademik kampus pada saat pengerjaan mengambil tawaran magang. Dikala kamu telah mengikuti magang, kamu akan menikmati praktek sebetulnya bagaimana kegiatan di dunia kerja. Kemudian, saat kembali kuliah, kamu akan merasa seluruh kewajiban kuliah kamu mudah untuk dilaksanakan karena kalian telah terlatih. Tetapi yang perlu diingat bahwa kamu mesti mengetahui bidang konsentrasi untuk jurusan magang kalian agar tak salah pilih. Kamu bisa konsul dengan kakak tingkat karena mereka telah berpengalaman. Dikala kalian telah mempersiapkan untuk menjalankan 3 hal ini.

Aku yakin kehidupan mahasiswa kalian akan puas dan penuh banyak cerita untuk dikenang. Semoga bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.